Sunday, May 2, 2021

Mulai Belajar Bertani Di Lahan Tanah (Open Field)

Rencana jangka pendek kali ini berkeinginan membuat kebun atau semacam lahan garapan untuk belajar bercocok tanam dilahan konvensioanl (tanah). Sudah terbesit sebulan yang lalu sebelum ada keinginan bercocok tanam dilahan tanah itu tapi dengan segala keterbatasan maka gak muluk-muluk juga saya berharap mendapatkan lahan yang bisa disewakan. Syukur-syukur ada rekan atau teman yang mau saya pinjem tanahnya buat dijadikan media percobaan saya belajar bertani wkwkwk.. :)

Daaann.. Alhamdulilah seperti mendapatkan jalan kemudahan dari Alloh SWT keluarga mertua ingin berkunjung kesalah satu lahan atau tanah yang sudah lama tidak dikunjungi sambil ngabeberang bahasa sundanya hehehe kita kesana lah dengan penuh antusias. Dan saya begitu senang nya melihat lahan yang begitu subur dan dekat dengan sumber air sangat cocok baget bagi newbie kaya saya ini yang ingin belajar bertani konvesional. seperti ini penampakannya.


Seperti medapatkan durian runtuh langsung aja saya meminta izin kepada keluarga untuk mengurus lahan yang tidak terlalu terurus ini. Sebetulnya sudah ada yang megurus warga sekitar tapi dalam pengelolaan dan laporan progres lahan yang dipakainya tidak sedeteail yang diharapkan. Mudah-mudahan dilahan ini saya bisa belajar bertani yang sesungguhnya, walaaahh eeamaang kemarin bertani hidroponik gak sungguh-sungguh ya serius juga hidroponik tapi konteks media dan challengenya tentu berbeda dengan bertani di lahan tanah.

Beberapa spot lahan masih ditanami oleh warga yang mengurus beberapa bagian lahan belum digarap. Rencananya lahan ini akan saya tanami dengan lahan asparagus dan melon, tetapi akan saya integrasi kan dengan tanaman berjarak umur pendek dan dikolaborasikan dengan perikanan dan peternakan. Mohon Doa dan Supportnya ya mann temannnn..


Keep.. MOVE, GROW, and SHARE..

Maju Terus Pertanian Indonesia..

5 comments:

  1. ditunggu hasilnya om... sapa tahu bisa jadi inspirasi, walaupun saya gak punya lahan buat ikutan bertani.. ehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu bu nanti kalo lahan ini audah dibenahi dan diberesin saya undang komunitas blog kesini

      Delete
    2. siap, kalau sudah boleh bepergian tapi ya, he
      oiya.. saya laki-laki om..

      Delete
  2. mau lah didampingi dalam berkebun dari nol, ada kelasnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu bah kita kopdar dikebun ini nanti komnitas blog

      Delete

TERKAIT ISU KENAIKAN HARGA PUPUK DAN GARAM-GARAM MINERAL YANG MENGHARUSKAN PARA PETANI HIDROPONIK HARUS BERINOVASI SALAH SATUNYA DENGAN APLIKASI MIKROBIOLOGI

Aplikasi mikrobiologi pada budidaya hidroponik. Menanggapi isu suplai pupuk impor seperti garam garam mineral yang kadang ada kadang tidak a...