Monday, July 9, 2018

Cara Pemberian Nutrisi Pada Tanaman Mint Hidroponik

Sama halnya dengan tubuh manusia tanaman juga membutuhkan makanan dan minuman 4 sehat 5 sempurna loh sahabat.. jadi gak hanya disiram dengan air saja bisa-bisa kaya kejadian gizi buruk di beberapa daerah di Indonesia hehe.. ya analogi sederhananya seperti itu. Jadi kalo di tubuh manusia membutuhkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dll.. ya ditanaman pun seperti itu sahabat.

Ok kita bahas secara singkat saja agar mudah dimengerti ya.. pertama tanaman membutuhkan sinar matahari itu wajib ya, kedua tanaman juga membutuhkan air ya kalo dimakanan kita ini seperti nasi nya karena porsinya yang lebih besar dari lauk pauk lainnya. (Ah elo aja kale rewog kata pembaca) hahaa.. eh serius bener air itu wajib juga. Nah ketiga tanaman membutuhkan unsur hara atau kita biasa dengar namanya pupuk.

Pupuk, nutrisi, fertilizer sama itu-itu juga cuman beda bahasa saja. Jadi tanaman itu membutuhkan unsur hara berupa makro (besar) dan unsur hara mikro (kecil). Makro berarti kebutuhan tanaman akan unsur haranya itu besar sebaliknya kalo mikro kebutuhannya sedikit atau kecil.

Unsur hara makro diantaranya Nitrogen (N), Posforus (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Sulfur atau belerang (S). Sedangkan unsur hara mikro diantaranya Besi (Fe), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Mangan (Mn), Boron (B), Molibdenum (Mo). Nah sahabat jadi unsur hara makro mikro yang dibutuhkan tanaman diantaranya seperti eh tapi sahabat ada yang terlewat disini oia ada 3 unsur hara yang terlewat yakni Karbon (C), Oksigen (O) dan Hidrogen (H) unsur hara ini gak perlu kita tambahkan lagi karena sudah tersedia di alam berupa gas oksigen,  karbon dioksida dan air tentunya H2O.

Seperti biasa kita langsung praktek ya sahabat. Pertama kita siapkan alat dan bahan untuk melakukan pemupukan tanaman mint yang dipostingan sebelumnya saya tanam.


  1. Siapkan nutrisi AB Mix (khusus hidroponik) yang sudah cair. Biasanya ditoko pertanian online kita bisa dapat nutrisi AB Mix kalo sahabat gak mau ribet bisa juga pesan di sukaponic hehe.. promo lagi.. gpp ya.. sahabat.
  2. Siapkan alat ukur TDS Meter untuk mengukur kepekatan larutan satuannya ppm dan siapkan juga pH meter untuk mengukur derajat keasamaan larutan nutrisi satuannya pH
  3. Jangan lupa sediakan juga gelas takar, suntikan 5ml tapi kalo gak ada bisa diganti dengan tutup bekas obat yang ada ukurannya.
Persiapan pemberian nutrisi untuk tanaman

  • Langkah pertama siapkan air biasa satu liter boleh bersumber dari sumur atau PDAM. Setelah itu campurkan nutrisi A dan nutrisi B kedalam air yang sudah disiapkan lalu aduk sampai merata
Proses mencapur nutrisi AB Mix dengan air

  • Langkah kedua kita ukur dengan menggunakan TDS meter dan pH meter untuk mengetahui angka ppm dan pH nya karena kalo tidak diukur sahabat tanaman bisa mengalami dua kemungkinan yakni kekurangan unsur hara (defisiensi) atau kelebihan unsur hara (toksisitas). Idealnya tanaman mint yang saya tanam bisa tumbuh subur dikisaran 500ppm-1000ppm dan untuk pH nya dikisaran 6-7.
Pengecekan ppm menggunakan TDS meter angka menunjukan 134x10 jadi 1340 ppm terlalu pekat untuk tanaman mint jadi kita harus menambahkan air satu liter lagi agar didapat angka yang aman untuk diberikan ke tanaman.

Pengecekan derajat keasaman menggunakan pH meter angka menunjukan aman untuk diaplikasikan ke tanaman 

  • Langkah ketiga berikan pada tanaman yang sudah siap pada media pembesaran. Sahabat harus memperhitungkan volume wadah bak penampung air nutrisi jika wadah ukuran nya 7 liter maka kita kalikan pemberian nutrisinya. Rumusan baku pemberian nutrisi yaitu nutrisi A 5ml : nutrisi B 5ml : 1 liter air biasa.


Yang kiri umur tanaman >7 hari yang kana umur tanaman >30 hari

Nah.. seperti itu sahabat simpel kan, jadi berhidroponik tak perlu capek-capek atau kotor-kotoran apalagi yang punya kegiatan super sibuk kita masih bisa berkebun dirumah dengan metode hidroponik sederhana ala sukaponic. Semoga bermanfaat informasinya ya sahabat.. jangan lupa tinggalkan komentar dan add blog kita ya.. sampai bertemu di blog selanjutnya.. akan sedikit lama ya sahabat karena saya mau nyari dulu bahan tulisan yang baru agar mudah di mengerti oleh pembaca..

MOVE, GROW, SHARE

Sukaponic Agricultural Innovation

No comments:

Post a Comment

TERKAIT ISU KENAIKAN HARGA PUPUK DAN GARAM-GARAM MINERAL YANG MENGHARUSKAN PARA PETANI HIDROPONIK HARUS BERINOVASI SALAH SATUNYA DENGAN APLIKASI MIKROBIOLOGI

Aplikasi mikrobiologi pada budidaya hidroponik. Menanggapi isu suplai pupuk impor seperti garam garam mineral yang kadang ada kadang tidak a...