Tuesday, July 24, 2018

Menimbang Berat Buah Melon Part 2

Tak terasa waktu panen hampir tiba sahabat.. waktunya berbahagia bagi para urban farmer seperti saya ini karena rasa lelah dan capek bisa terbayarkan oleh hasil bercocok tanam sampai berbuah seperti tanaman melon yang saya tanam saat ini. Kita langsung saja sahabat melihat buah melon hidroponik.

Usia tanaman melon saat ini menginjak 68 HSS berat buah yang terbesar dikisaran 1700 gr

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil sahabat dari bercocok tanam melon hidroponik ini. Yang pertama pada fase vegetatif kita dituntut untuk bisa menjaga tanaman dari berbagai serangan hama penyakit diantaranya golongan hama ada aphids, trips, oteng-oteng, ulat grayak, dan lalat buah, dari golongan fungi ada cendawan embun tepung, embun palsu. Sementara virus ada fusarium, gemini, dll. Pada fase generatif kita dituntut agar bisa menjaga kebutuhan unsur hara makro dan mikro tanaman melon dengan pemberian pupuk dan air yang cukup.

Poin penting yang lain didalam memelihara buah melon diusahakan kita fokus kepada beberapa buah saja. Misal jika tanaman bagua dan sehat bisa kita buahkan lebih dari satu, tetapi jika tanaman kurang sehat kita bisa pelihara satu buah saja. Ini yang terjadi pada saat saya memelihara dua buah dalam satu batang tanamanan melon berat nya jauh lebih ringan dibanding yang di buahkan satu. Itu karena proses penyimpanan pati atau hasil dari fotosintesia menyebar ke buah yang banyak.

Perbandingan berat buah melon jika di buahkan dua duah dalam satu tanaman.

Terimakasih sahabat sudah berkenan mengunjungi blog ini. Jangan lupa bisa bantu di add juga blog nya dan jika sahabat ada yang mau ditanyakan silahakan tinggalkan komentar di postingan ini. 


MOVE, GROW, SHARE

Sukaponic Agricultural Innovation

No comments:

Post a Comment

TERKAIT ISU KENAIKAN HARGA PUPUK DAN GARAM-GARAM MINERAL YANG MENGHARUSKAN PARA PETANI HIDROPONIK HARUS BERINOVASI SALAH SATUNYA DENGAN APLIKASI MIKROBIOLOGI

Aplikasi mikrobiologi pada budidaya hidroponik. Menanggapi isu suplai pupuk impor seperti garam garam mineral yang kadang ada kadang tidak a...